RSS

Bulu Tangkis Indonesia Perlihatkan Tabiatnya di SEA GAMES XXV

22 Des

Bulu tangkis Indonesia mulai memperlihatkan tabiatnya

Cabang Olahraga itu menyumbang medali emas dari nomor beregu putra.

Tim bulu tangkis putra Indonesia mempersembahkan medali emas SEA Games XXV/2009 Laos setelah menumbangkan Malaysia 3-1 dalam pertandingan di Hall Bulu Tangkis National Sports Complex.

Sony Dwi Kuncoro yang diturunkan pelatih kepala Christian Hadinata di partai pertama mengalahkan Muhammad Hafiz 22-20, 14-21, 21-12 dalam waktu 62 menit. Juara Indonesia Terbuka 2009 itu sempat terseok-seok sebelum berhasil menyumbangkan satu poin untuk kontingen Indonesia.

Setelah Indonesia sempat unggul 1-0, ratusan penonton yang memenuhi bagian barat tribune tidak berhenti memberikan dukungan bagi anak-anak pelatnas itu. Mereka member dukungan dengan membentangkan bendera merah putih berukuran 3 meter, sambil meneriakkan nama beberapa pemain.

Pada partai kedua, Markis Kido/ Hendra Setiawan ternyata menjadi bulan-bulanan pasangan Koo Kien Keat/ Tan Boon Heong. Peraih emas olimpiade Beijing 2008 itu menyerah 21-19, 20-22, 10-21 dalam waktu 40 menit. Kedudukan pun imbang 1-1.

Posisi tim Indonesia kembali unggul 2-1 saat Simon Santoso di partai ketiga menumbangkan Kuan Beng Hong 21-18, 21-13. Nova Widianto/Mohammad Ahsan memastikan kemenangan Indonesia 3-1 setelah menumbangkan Mohd Fairuzizuan/Mohd Zakry Abdul Latif 21-18, 21-16.

“Kami sempat tergesa-gesa saat melakukan serangan. Set pertama sempat bermain bagus, sayangnya kami sedikit melakukan kesalahan di set ketiga,” ujar Markis seusai pertandingan.

Saat peraih emas Olimpiade Beijing 2008 itu kandas, pendukung tim Malaysia semakin berkobar-kobar memberikan dukungan. Namun, strategi Christian pun mampu membalikkan keadaan. “Emas pertama tim beregu ini sangat penting bagi kami. Meski sempat imbang 1-1 setelah mengalahkan Markis Kido/ Hendra Setiawan, anak-anak mampu mengalahkan kekuatan penuh,” timpal Christian.

Saat menanggapi kekalahan tim beregu putra, pelatih Malaysia Datuk Misbun Sidek yang terlihat sedikit tidak berseri mengatakan kekuatan Indonesia masih terlihat seimbang. Apalagi, peringkat satu dunia Lee Chong Wei tidak diturunkan karena tengah mengalami cedera di paha kanan.

“Ini sudah konsekuensi. Saya kira inilah pertandingan. Ada yang menang dan ada yang kalah. Cukup ketat, apalagi Keat/Heong sempat mengalahkan ganda terbaik Indonesia, “ tandas Sidek.

Sayangnya di beregu putri, tim Indonesia harus puas dengan meraih perak. Di final tim Indonesia ditaklukkan tim Malaysia 1-3.

Bintang

Medali Emas ini buat Mama


Aksi pebulu tangkis Mohammad Ahsan luar biasa. Berpasangan dengan seniornya, Nova Widianto, ia tampak tak mengenal lelah. Semangatnya pun berkobar-kobar. Daya juangnya bagaikan prajurit Sparta.

Saat menghadapi pasangan ganda Malaysia, Ahsan berjibaku menahan serangan lawan. Tak segan-segan ia menjatuhkan tubuhnya untuk menyelematkan shuttlecock. Para penonton pun dibuat berdecak dan kagum.

Ternyata perjuangan Ahsan/Nova tak sia-sia. Pasangan pemain junior/ senior berhasil menekuk lawan mereka. Buah kemenangan mereka pun turut member poin yang mengantarkan tim bulu putra Indonesia mendulang medali emas.

Nama Ahsan, pemuda kelahiran 7 September 1987, memang belum dikenal. Namun paling tidak sumbangsihnya kepada kontingen Indonesia telah menjadi perkenalan awal kepada masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, Ahsan diharapkan menjadi penerus prestasi seniornya dan penerus untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.

“Saya persembahkan medali emas ini untuk bangsa dan Negara. Namun yang terpenting, medali akan dipersembahkan kepada ibunda yang selalu member dukungan saat saya kalah atau menang di setiap pertandingan,” ujarnya di Viantiane, Laos, kemarin.

Berpasangan dengan seniornya di ajang internasional memang suatu kejadian langka. Pasalnya di sejumlah turnamen bulu tangkis, Ahsan lebih banyak berpasangan dengan pemain pelatnas seangkatannya, Bona Septano.

Untuk memetik prestasi memang bukanlah jalan mulus tanpa rintangan. Ahsan sendiri telah menggeluti badminton sejak menginjak usia enam tahun.

Padahal orang tuanya meminta Ahsan agar memilih menjadi menjadi pemain sepak bola. Apalagi kini pendapatan pemain sepak bola nasional bisa puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah per-bulannya. “Namun hati kecil saya mendorong saya untuk menekuni badminton, “jelas alumnus SMP Negeri 27 Palembang itu.

Sejak itu dunia bulu tangkis pun menjadi piliha dan sekaligus bagian kehidupannya. Menorehkan prestasi di ranah bulu tangkis menjadi impian yang di idam-idamkan.

Ahsan menegaskan bahwa prestasi di ajang SEA Games XXV itu akan menjadi pemicu dan pemacu untuk meraih prestasi di ajang lebih besar. “Mudah-mudahan saya bisa berprestasi di Asian Games dan Olimpiade,” katanya.

Putra pasangan Tumin Admadi dan Sity Rohasa mengaku sangat ingin membahagiakan kedua orang tuanya. “Oleh karena itu, bonus dari pemerintah akan diberikan ke Mama untuk ditabung sebagai bekal di hari nanti.”

Sebelumnya Menpora menjanjikan bahwa peraih medali emas SEA Games 2009 akan mendapat bonus Rp200 juta.

Sumber:

Iwan Kurniawan

Media Indonesia, Edisi Senin 14 Desember 2009

 
15 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 22, 2009 in Sport

 

15 responses to “Bulu Tangkis Indonesia Perlihatkan Tabiatnya di SEA GAMES XXV

  1. uci sartika

    Mei 18, 2010 at 04:36

    Tetap tampilkan yang terbaik tim bulautangkis putera,,

    semangat,,,

     
  2. fadillahfitri

    Juni 25, 2011 at 12:03

    like🙂

     
  3. triana..

    September 24, 2011 at 16:17

    maju terus indonesiaku,,.!^-^

     
  4. maulana malik zikrullah

    November 7, 2011 at 06:21

    aku Sumpah pda saat besar nnti saya akan Menjadi timnas Bola Indonesia saya akan bangkitkan negara indonesia Hidup indonesia

     
    • dedynapitupulu

      November 8, 2011 at 03:44

      good luck then, as young generations we should do our best for our beloved country indonesia as well🙂

       
  5. Pujji Servisce

    November 16, 2011 at 03:03

    lanjutkan kemenangan mu!!

     
  6. fandila cahyani

    November 17, 2011 at 06:03

    maju terus tim bulu tangkis jangan menyerah walaupun kalah kami kan mendukungmu

     
  7. hana

    November 17, 2011 at 06:43

    semangat kami bangga punya kalian………..

     
  8. lumbanraja arta

    November 17, 2011 at 12:13

    indonesia mnang

     
  9. suci

    November 19, 2011 at 13:26

    maju terus jangan pantang menyerah

     
  10. Ibnu

    November 20, 2011 at 14:21

    Jayalah indonesiaku, kamu pasti bisa. Ganyang malaysia!!!

     
  11. ibnuaswandi

    November 20, 2011 at 14:29

    Ayo srikandi bulutangkis indonesia, naiki garuda ntuk kejar prestasi
    samai prestasi susi susanti!!!(Dem@ng_e kenten-plmbng)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: