RSS

Trend Baru “Cara Promosi Produk Organik Pertanian Online”

15 Des

Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga terus berkembang dan telah diterapkan dalam berbagai bidang di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dapat dimanfaatkan pula dalam promosi dan pemasaran produk pertanian.

Salah satunya adalah promosi di internet, yang memungkinkan kita menjangkau target market yang tidak terbatas di seluruh dunia secara efisien dan efektif. Sementara, pemasaran offline hanya memungkinkan kita memasarkan pada lingkup yang terbatas dan cenderung hanya menjangkau pasar lokal atau nasional. Itu pun memerlukan biaya yang tidak sedikit, proses distribusi yang lama dan panjang, dan tidak dapat menyesuaikan secara pasti jumlah produk yang harus didistribusikan dan dipasarkan terhadap kebutuhan/permintaan konsumen, serta mekanisme pembayaran yang diterima produsen memakan waktu yang lama, bila dibandingkan dengan transaksi e-payment.

Beberapa kelebihan pemasaran produk pertanian secara online via internet antara lain :

1. Jangkauan pemasaran luas (nasional dan dunia)

2. Online 24 jam, dalam sehari, 7 hari dalam seminggu

3. Bisa diotomatisasi

4. Perusahaan kecil lebih memiliki daya saing

5. Perusahaan selalu berupaya menjaga kualitas produk demi menjaga kepercayaan konsumen

6. Bisa menjangkau segmen pasar tertarget, sesuai dengan produk anda

7. Biaya kecil, dibandingkan dengan pemasaran offline

8. Dapat mengantisipasi kualitas produk pertanian yang cenderung mudah membusuk, rusak, karena waktu pemesanan dapat disesuaikan dengan waktu panen produk, sehingga produk pertanian tersebut tetap fresh, dan berkualitas baik.

9. Memudahkan konsumen dalam pembelian produk pertanian, tanpa harus terjun langsung ke pasar atau supermarket untuk membeli produk pertanian tersebut.

Efektifitas promosi dan pemasaran online telah teruji. Promosi online ini lebih efektif karena Anda bisa membidik target market yang tepat. Baik itu di negara tertentu, maupun pada orang yang memiliki minat tertentu juga. Anda pun tidak harus membuang banyak waktu dan biaya untuk pasar yang bukan menjadi target Anda.Sementara itu, faktor ketidakberhasilan pemasaran offline lebih banyak disebabkan pemasarannya tidak pada target yang semestinya dan pada pemilihan media iklannya.

Pada promosi online, modal dan resikonya lebik kecil dibandingkan dengan modal dan resiko bisnis offline biasa. Bandingkan saja, secara sederhana kita ambil contoh media massa (koran) nasional terbesar di Indonesia mengenakan tarif puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk sekali tayang dalam sekali terbit. Jika menggunakan media online, banyak teknologi pemasaran yang bisa diterapkan untuk menekan biaya iklan.

Harga promosi online, online advertising, jauh lebih murah dibanding dengan biaya promosi melalui koran atau majalah. Dan dengan semakin banyaknya provider, pemain atau makelar iklan (biro, jasa, agen) online yang tumbuh bak jamur di musim hujan, pemasang iklan online bisa memiliki banyak alternatif untuk membuat keputusan berpromosi online sesuai budget, teknis yang diinginkan, maupun target pasarnya.

Belanja iklan sehari di media massa nasional terbesar, bisa digunakan untuk belanja iklan online 1-5 tahun. Koran versus Internet, media cetak vs media online, dalam masalah biaya iklan, jelas sekali perbedaan dan kelasnya. Promosi di internet jauh lebih menguntungkan dan mempunyai banyak kelebihan.

Sebagai Contoh Promosi Produk Pertanian Organik seperti:

Beef Tomatoes

Chery Tomatoes

Golden Melon

Cantaloupe Melon

Mangoesteen

Gedong Gincu Mango

Strawberries

Red Capsicum

Green Capsicum

Yellow Capsicum

Orange Capsicum

Pakchoy

White Pakchoy

Siomak

Red Spinach

Kangkung

Media internet juga dapat dimanfaatkan dalam upaya peningkatan citra produk  pertanian Indonesia yang berdaya saing. Hal ini dapat dipromosikan secara online dengan  suatu inspirasi dari dalam kebudayaan masyarakat Indonesia yang memiliki ciri khas untuk produk pertanian olahan yang ada di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa keanekaragaman desain produk olahan Indonesia seperti Keripik Salak asal Yogyakarta dan Malang dan keripik buah-buahan (apel, nangka, mangga dan sebagainya), Kemasan Kopi Toraja, Kopi Luwak dan berbagai macam jenis makanan olahan pertanian yang memerlukan suatu nilai ciri khas dari produk yang akan dipasarkan untuk komoditi ekspor. Agar terlihat lebih menarik dalam mendesain suatu produk olahan pertanian hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Astetika, merupakan suatu nilai keindahan suatu produk yang tentunya buyer/ calon pembeli melihat kekhasan produk Indonesia. Apabila kita perhatikan produk kemasan keripik manggis asal Thailand dan Potato Chips asal Singapore dan Malaysia dan jika kita bandingkan dengan keripik pisang asal Lampung. Pada suatu event pameran di luar negeri tentunya Indonesia memiliki suatu ciri khas yang tersendiri dan berbeda dengan keunikan tiap-tiap Negara yang menghasilkan produk yang sama.

Sweet Banana Chip Lampung


2. Ergonomik; dalam hal ini menyangkut bentuk / size dari desain yang dibuat berdasarkan packaging produk pertanian olahan seperti keripik sukun, apel, mangga, manggis, serta kemasan produk perkebunan, hortikultura lainnya.

Sukun Chips

3. Fungsional, dalam hal ini dilihat dari bentuk kemasan tersebut berdasarkan fungsinya, apakah seperti produk kopi olahan, teh memiliki botol kemasan yang berfungsi, apakah seperti gelas dan lain sebagainya.

Manggo Chips

4. Market, untuk hal ini dilihat dari negara tujuan ekspor Indonesia yang menginginkan negara mana yang meminati produk olahan berdasarkan desainnya. Sebagaimana yang kita ketahui pada umumnya untuk desain produk pertanian olahan ini para konsumen Negara tujuan masih banyak hanya menginginkan dari raw materialnya saja tanpa memperhatikan desain produk karena mereka akan mendesain sendiri berdasarkan keinginannya.

5. Material yang dipakai, tentunya material yang dipakai disini adalah bahan-bahan kemasan untuk produk olahan Indonesia yang raw materialnya dari produk Coklat, Kopi, Kacang Mete, Teh, Essential oil  Buah-buahan dan sebagainya, dalam hal ini memakai bahan dasar packing dari plastic maupun kertas dan sebagainya.

Keripik Balado Padang

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 15, 2009 in Agiculture

 

2 responses to “Trend Baru “Cara Promosi Produk Organik Pertanian Online”

  1. atpic

    Februari 24, 2014 at 04:15

    Artikel yang bagus.

    Salam,
    Cipta Cakra

     
  2. dedynapitupulu

    Februari 24, 2014 at 06:06

    terimakasih atas kunjungannya

    salam
    dedy

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: